Jauh Perjalanan ke Air Terjun Siparis Terbayar dengan Keindahan Alamnya

Menyusuri hutan pinus menjadi bonus perjalanan ke Air Terjun Siparis, Desa Gunung Meriah, Simalungun. Wisatawan juga harus menyusuri ladang warga, selanjutnya melewati anak sungai yang begitu jernih.

"Lagi, sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan yang indah dan begitu alami yang ada di dalam hutan menuju Air Terjun Siparis," kata Karmila Handayani, pengunjung.

Pelancong menikmati wisata Air Terjun Siparis, Simalungun.
Pelancong menikmati wisata Air Terjun Siparis, Simalungun.

Namun, jangan terburu-buru untuk turun ke Air Terjun karena disarankan membawa tali sepanjang 5 meter untuk turun karena medannya yang licin dan terjal.

Ketinggian air terjunnya memang pendek, hanya sekitar 5 meter. Tapi airnya yang jernih dan pemandangan sekitaran yang membuat air terjun ini memiliki point lebih dibandingkan air terjun lainnya.

Menurut Yovie Richard, owner Trip Jelajah Sumut, bagi traveller yang tertarik menyambangi Air Terjun Siparis sebaiknya menggunakan jasa pemandu. Pasalnya di sana banyak kelokan dan jalan terjal yang tentu untuk melewatinya dibutuhkan panduan dari penduduk yang sudah mengetahui medan dan dapat membantu wisatawan melewatinya.

"Trip kami membuka tour ke Air Terjun Siparis hampir setiap bulannya. Lokasinya menawarkan pemandangan berbeda, nyaman dan tenang. Tapi tidak cocok untuk wisata keluarga yang membawa anak-anak, karena selain jauh medannya ekstrim," tambahnya.

Untuk mencapainya dari Medan, anda bisa melewati rute Medan – Tanjung Morawa – Galang – Bangun Purba – Silandak – Gunung Meriah. Waktu yg di tempuh sekitar 3 jam dengan mengendarai sepeda motor. Bisa mengendarai mobil atau sepeda motor. Tapi lebih direkomendasikan menggunakan sepeda motor karena jalan di sana yang tidak terlalu lebar.

Anda akan melewati kawasan Wisata Tinggi Raja atau Kawah putih. Sekitar 1 jam ke atas lagi mengikuti jalan lurus. Akses jalan terbilang bagus, tapi tetap harus pelan-pelan karena ada jurang di sisi kanan.

Setelah sampai di simpang Desa Gunung Meriah, ada jembatan dan pemukiman. Di sana anda bisa menitipkan sepeda motor dan meminta jasa pemandu dari warga setempat, jika tidak bersama trip.


Sumber : lintaspublik

No comments

Powered by Blogger.