Wisata Alam Danau Toba | Surga Liburan di Tanah Batak Pulau Samosir Sumatera Utara



Wisata Alam Danau Toba | Surga Liburan di Tanah Batak Pulau Samosir Sumatera Utara
Jika Anda ingin berlibur dan mau menikmata Wisata Alam? Cobalah Anda berkunjung ke Pulau Samasir Provinsi Sumatera Utara. Anda akan melihat Wisata Alam yang telah mendunia, yah... Wisata Danau Toba, Tanah Batak.

Danau Toba dan Pulau Samosir | Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki segudang destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung es yang ada di Papua dan wisatanya yang terkenal Raja Ampat, pesona dasar laut yang ada di Wakatobi, hingga puluhan candi bersejarah. Tak cukup sampai disitu, masih banyak lagi wisata yang menarik di Indonesia. Namun kali ini twisata.com akan mengulas tentang salah satu danau vulkanik terbesar se – Asia Tenggara dan terdalam di dunia. Tepatnya di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Terletak pada titik koordinat 3,58° Lintang Utara dan 98,67° Bujur Timur. Danau ini biasa dikenal dengan sebutan “ Danau Toba ”.

Danau Toba memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Dengan kedalaman sekitar 450 m. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi. Danau ini merupakan salah satu objek wisata andalan di pulau Sumatra. Karena pesonanya yang sangat mengagumkan, hingga dapat memikat hati para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Danau Toba merupkan wisata alam yang menakjubkan. Udara sejuk, ditambah dengan birunya air danau yang menjadi tempat berenangnya ikan – ikan batak. Dengan dikelilingi hijaunya pohon pinus yang menambah ketenangan di tempat ini. Di tengah hamparan luasnya Danau Toba, terdapat satu pulau yang disebut dengan Pulau Samosir. Pulau inilah yang juga menambah suasana indah di Danau Toba. Luas Pulau Samosir hampir sama dengan luas negara Singapura. Pulau Samosir juga memiliki dua danau yang indah, biasa dikenal dengan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir dihuni oleh suku Batak Samosir. Kini tercatat penduduk di Pulau Samosir mencapai 580.428 jiwa.

Oleh – Oleh Dan Kuliner di Danau Toba

Di daerah sekitar Danau Toba memang dihuni suku Batak dengan berbagai keunikan dari budayanya. Untuk cendramata khas masyarakat batak pun juga beragam, mulai dari gitar unik yang terbuat dari kayu khas batak, sampai kalender kuno yang ditulis tangan, tentunya juga asli dari Batak, dan banyak lagi souvenir yang unik lainnya. Surganya berbelanja barang – barang antik dan unik khas Batak ada di Pulau Samosir. Disana ada berbagai souvenir yang menarik. Salah satunya yaitu, kain ulos. Kain ulos merupakan kain hasil tenunan yang biasanya berwarna merah, putih dan hitam, serta dihias bengan benang berwarna emas.

Untuk kuliner, banyak sekali kuliner yang unik dari tempat ini, beberapa restoran juga ada disini diantaranya Elios Restauran, Rumba Pizza, Romlan Guest House, Tabo Restaurant dan Budha Resto semua menyajikan hidangan yang menggugah selera Anda.

Tips Mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir

1. Pilih Waktu Yang Tepat
Berkunjunglah pada bulan April sampai Agustus. Karena di bulan – bulan ini, cuaca disana cerah, sehingga Anda bisa menikmati wisata Danau Toba dengan nyaman.

2. Mengunjungi Pada Waktu Adanya Upacara Adat
Keuntungan bagi Anda apabila menunjungi wisata Danau Toba, ketika masyarakat setempat sedang melakukan upacara ritual atau pesta rakyat Danau Toba adalah Anda bisa menyaksikan langsung kemeriahan acara tersebut. selain itu ada sebuah event yang sangat ramai disini yaitu Festifal Danau Toba

3. Memilih Moment Dokumentasi
Jika anda ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dari Danau Toba, waktunya cukup terbatas, hanya sekitar 1 jam saja. Pagi jam 05.30 hingga 06.30 sedangkan di sore hari jam 16.00 hingga 17.00. waktu – waktu ini sering disebut sebagai Golden hours. Karena pada saat inilah, cahaya terbaik yaang disuguhkan di Danau Toba.

4. Berhati Hati Saat Bekunjung Ke Air Terjun Sipiso Piso
Untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso Piso, berhati – hatilah, karena beberapa jalan yang akan Anda dilalui mempunyai medan yang licin dan curam.

5. Gunakan Sepatu
Untuk kenyamanan Anda dalam berwisata ke Danau Toba, bisa menggunakan sepatu untuk berkeliling sekitar Danau Toba.

No comments

Powered by Blogger.