Apa itu Tulilah?, Ini Kata Harkit Sihombing

Tidak banyak yang tidak tahu apa itu Tulila, Tulila adalah alat musik batak yang terbuat dari bambu, alat musik ini dulunya dipakai untuk penyembahan dan pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Pencipta alam Semesta. bentuknya hampir serupa seperti seruling pada umumnya, hanya saja bentuknya lebih kecil dan unik.

Harkit Sihombing/ Tulila (isnsert)

"Tulila alat musik tradisonal batak yang sudah ratusan tahun lamanya, suaranya menyerupai suara burung bernyanyi (bersiul), suara ini seolah mengkomunikasikan pesan kepada "sang pencipta" atas apa yang ada di muka bumi ini,"kata Harkit Sihombing ,melalui pesan mesenggernya, Jumat (3/2/2017) .

Alat musik ini didapatnya dari para pecinta budaya dan musik batak, yaitu Hardoni Sitohang. Tidak banyak yang tahu dan memainkan Tulila ini, hanya kalangan pecinta seni dan budaya batak saja.

"Saya harapkan alat musik ini dapat terus di lestarikan, ini salah satu kebanggan kita, kebangaan bangsa batak, kebangaan Indonesia,"ujar Harkit langsung mengirim rekaman permainan Tulilanya dari kota Rantau Prapat .

LIHAT VIDEONYA DI BAWAH INI





Sumber   : www.lintaspublik.com

No comments

Powered by Blogger.