Danau Toba, Danau Indah Dengan Luas Lebih dari Singapura

DANAU TOBA CENTER - Indonesia memiliki beragam keindahan alam luar biasa yang tidak dimiliki negara-negara lainnya. Salah satunya, yang bisa Anda jadikan destinasi liburan tahun ini adalah Danau Toba.

Danau Toba, Danau Indah Dengan Luas Lebih dari Singapura
Pesona Wisata Danau Toba - Foto: Antonious Pratama / Cosmopolitanfm.com

Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Luasnya 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-Asia Tenggara dan luasnya lebih besar dari Singapura [716 km].

Danau Toba juga menjadi danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, dan masuk dalam daftar Guinness World Records.

Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau.

Di tengah Danau Toba terdapat pulau bernama Samosir. Pulau tersebut sekiranya mendekati luas dari negara Singapura dan memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Danau Toba, Danau Indah Dengan Luas Lebih dari Singapura
Pesona Wisata Danau Toba - Foto: Cosmopolitanfm.com

Pulau Samosir dan Danau Toba adalah jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Anda juga bisa merasakan keramahan penduduk desa tersebut sekaligus mengetahui kebudayaan mereka.

Jika Anda berwisata ke Danau Toba pada April hingga Agustus, kemungkinan Anda akan dapat menyaksikan kemeriahan dan ritual tradisional dari Suku Batak yaitu upacara Pesta Masyarakat Danau Toba.

Upacara tersebut diselenggarakan untuk mengingat nenek moyang Suka Batak dengan menampilkan nyanyian, acara olahraga, dan tarian batak.

Sedangkan untuk penginapan di Danau Toba, Anda tidak perlu khawatir, karena di sana banyak resor, hotel, dan penginapan biasa yang masing-masing menawarkan pemandangan luar biasa.

Danau Toba, Danau Indah Dengan Luas Lebih dari Singapura
Pesona Wisata Danau Toba - Foto: Cosmopolitanfm.com

Kegiatan wisata lain di Danau Toba yang dapat Anda lakukan di antaranya: mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-Adong, berkunjung ke situs-situs bersejarah (Makam Raja Sidabutar), melihat masyarakat lokal menanam padi, dan melihat rumah-rumah penduduk dengan Gorga Batak.

Jadi tunggu apa lagi, atur liburan Anda dan keluarga ke Danau Toba sekarang!



Laporan: Tim DTC
Sumber: cosmopolitanfm.com

No comments

Powered by Blogger.