Duta Besar Prancis Kagumi Keindahan Danau Toba

DANAU TOBA CENTER - Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet, mengaku kagum dengan keindahan danau vulkanik, Danau Toba, yang berada di Sumatera Utara.

Duta besar Prancis kagumi keindahan Danau Toba
Foto udara panorama Danau Toba tampak dari kawasan Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa (6/9/2016). Pemerintah menjadikan Danau Toba yang mengelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara, sebagai salah satu dari 10 tujuan wisata prioritas di Indonesia. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

"Akhir Agustus lalu, saya dan dua anak saya menghabiskan liburan di Danau Toba. Saya kagum dengan keindahan alam dan masyarakatnya yang penuh dengan toleransi," ujar Berthonnet dalam acara penyerahan buku karya Hasiholan Siahaan XIV, Danau Toba dan Mangongkal Holi Untold Story, di Jakarta, Jumat.

Dia melihat potensi besar pariwisata Danau Toba. Selain itu, ia juga melihat pemberdayaan masyarakat yang berjalan baik. "Saya yakin semua itu tercermin dalam buku ini," katanya.

Apalagi dengan ada bandara baru, yakni Bandara Silangit, yang mempermudah wisawatan yang berkunjung ke Danau Toba. "Dengan Danau Toba, maka tujuan wisata, wisatawan Prancis tidak hanya Bali saja. Ada pilihan lain," katanya.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet
Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet - Foto: Metrotvnews.com

Dia menjelaskan, jumlah wisatawan asal Prancis ke Indonesia cukup banyak, mencapai 250.000 jiwa setahun. Namun hingga saat ini, tak ada penerbangan langsung dari Paris ke Jakarta.

"Kami punya keinginan besar, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Prancis," jelas dia.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Bidang Pemberdayaan, Conrad Hendarto, mengatakan, buku itu dapat menjadi promosi bagi desa wisata yang ada di Indonesia.



Laporan: Tim DTC
Sumber: Antara

No comments

Powered by Blogger.