KAI dan Damri Siapkan Paket Transportasi Wisata Medan-Danau Toba

JAKARTA, Layanan transportasi dari Medan menuju Danau Toba bakal semakin praktis. PT Kereta Api Indonesia dan Damri bekerja sama menyediakan paket jasa angkutan wisata dari Medan ke Danau Toba pulang pergi.

Dalam kerj sama ini PT Kereta APi Indonesia akan mengoperasikan kereta premium rute Lubukpakam-Pemantangsiantar. Sedangkan Damri menyediakan bus pengangkut wisatawan dari Pemantangsiantar ke Danau Toba.


Pengoperasian kereta kelas premium dari Lubukpakam-Pemantangsiantar sudah direncanakan sejak akhir tahun lalu. Namun sampai kini belum ada lagi renagkaian kereta api premium ke Pemantangsiantar.

PT Kereta Api Indonesia Devisi Regional 1 Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam baru menyediakan Kereta APi penumpang kelas ekonomi Siantar Ekpress. Loko Siantar Ekpress yang menarik dua kereta selama ini berangkat satu kali saja yakni jam 06.45 dari Stasiun Kereta Api Sinatar dan jam 17.00 dari Medan.

Rute kereta Siantar-Medan berjarak 127 kilometer. Stasiun-stasiun yang disinggahi yakni: Stasiun Medan, Stasiun Medan Pasar, Stasiun Bandar Chalifah, Stasiun Batang Kuis, Stasiun Araskabu, Stasiun Lubuk Pakam, Stasiun Perbaungan, Stasiun Lidah Tanah, Stasiun Teluk Mengkudu, Stasiun Rampah, Stasiun Bamban, Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Bajalingge, Stasiun Dolok Merangir, dan Stasiun Siantar.

KAI dan Damri akan menetapkan tarif tiket paket kereta dan bus tersebut. Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otoritas Danau Toba M Rommy Fauzi, di Medan, Ahad 21 Januari 2018, mengatakan paket itu sebagai respons cepat penyediaan jasa angkutan wisatawan ke Danau Toba.

"Sebelum ada investasi baru membangun rel kereta api dari Pematangsiantar ke Danau Toba, Simalungun, maka kerja sama KAI dan Damri dinilai solusi yang tepat," kata Rommy.

Pemerintah telah membangun bandar udara berstandar internasional. Bandara Silangit, sekaligus bagian dari dukungan terhadap pengembangan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata utama Indonesia. Target pemerintah, satu juta wisatawan mancanegara berkunjung ke sana hingga 2019.

Humas PT KAI Divre Sumatera Utara Sapto Hartoyo belum mendapat kepastian kapan rangkaian kereta api premium itu didatangkan ke Pematangsiantar. "Manajemen KAI Sumut masih menunggu."

Adapun Vice President KAI Divre Sumatera Utara Aslikan mengatakan, pengadaan kereta premium masih dalam proses lelang. Kereta api premium itu akan menambah satu layanan perjalanan rute Medan-Pematangsiantar.

Sumber   : Antara

No comments

Powered by Blogger.