Berwisata di Perkampungan SITOHANG TORUAN, Banyak Rumah Batak Ratusan Tahun

SAMOSIR, Masyarakat batak terus mengali dan melestarikan peninggalan leluhurnya, demikianlah yang dilakukan rombongan Partangiangan Op. Raja Pangaribuan Sitohang kota Pematangsiantar.

Selama 2 (dua) hari, pada 21-22 Agustus 2018  rombongan Partangiangan Op. Raja Pangaribuan Sitohang kota Pematangsiantar mengunjungi  perkempungan  (huta) asal Kampung Sitohang Uruk, SitohangTonga-tonga, dan Sitohang Toruan, Desa Parsaoran Urat, kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, atau beberapa langka dari di Tugu Sitohang.

Media danautobacenter.com yang turun dalam rombongan berhasil mengabadikan momen kebersamaan marga Sitohang itu, terlihat rombongan langsung diterima kerabat marga Sitohang di huta Parsaoran urat, dimana asal muasal tempat tinggal marga Sitohang.

BACA JUGA   Asal Kampung Sitohang Uruk, SitohangTonga-tonga, dan Sitohang Toruan, Ini Foto-fotonya

Rumah Batak di Perkampungan Sitohang Toruan
St. Sangkot Sitohang, S.Si, Mpd ketua Partangiangan Opung Raja Pangaribuan kota Pematangsiantar kepada danautobacenter.com mengatakan, disamping Tugu ompu Raja Pangaribuan, kita harapkan perkampungan Sitohang ini juga nantinya menjadi salah satu kunjungan wisata di Samosir, dan mempertahankan rumah-rumah batak yang memang masih dapat diwariskan bagi anak cucu nantinya.

"Ini adalah salah satu aset wisata yang tidak ternilai harganya, karena itu kita harapkan rumah-rumah batak di Perkampungan Sitohang yang masih ada agar terus dipertahankan. Perkampungan ini adalah sejarah, bukan hanya untuk marga Sitohang, tetapi sejarah batak, sejarah Indonesia,"ungkap sangkot Sitohang berharap kampung ini menjadi ikon Perkampungan Wisata di Samosir.

"Kita harapkan supaya rumah-rumah batak ini tetap terawat, sehingga warisan budaya ini dapat dilihat anak cucu kita, khususnya keturunan Sitohang,"jelasnya.

Inilah Foto-foto Perkampungan Sitohang Toruan (Op. Bona Ni Onan) di Urat Samosir :

Rumah Batak di Perkampungan Sitohang Toruan diharapkan terus dilestarikan.

Rumah Batak di Perkampungan Sitohang Toruan yang sudah berumur ratusan tahun.
Perkampungan Sitohang Toruan di Urat Pulau Samosir

Rumah batak yang harus terus dipertahankan dan dilestarikan, sebagai simbol sejarah dan budaya batak  

Rumah batak di Perkampungan Sitohang Toruan di Urat Pulau Samosir

Perkampungan Sitohang Toruan di Urat Pulau Samosir
LIHAT JUGA AYO Jalan - jalan di HUTA SITOHANG TORUAN di Samosir



Laporan : tagor_DTC
Editor : tagor

No comments

Powered by Blogger.