Wisata Danau Toba dan Sekitarnya dengan Keindahan Alam yang Memesona

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Danau Toba ini terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau yang menyimpan berjuta pesona alam ini tentunya tak terlepas dari cerita sejarah di baliknya. Ya, sejarah mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat super.

Di balik cerita sejarah itu, kini danau Toba menjadi salah satu pusat destinasi yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Sumatra Utara. Hal ini dikarenakan danau Toba memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Bahkan wisatawan tak hanya menikmati keindahan danau Toba saja. Melainkan kini sudah banyak ragam wisata danau Toba yang bisa dinikmati dengan alamnya yang sangat indah.

Untuk menikmati danau Toba secara maksimal, tidak ada salahnya apabila kamu berkunjung ke beberapa tempat wisata baru dan kekinian di sekitar danau. Berikut ini media, Senin (15/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa wisata danau Toba yang bisa kamu kunjungi saat ke Sumatera Utara.

Wisatawan menikmati keindahan Danau Toba dari atas Kapal.
 Bila berkunjung ke Sumatera Utara, kurang lengkap rasanya bila tak berkunjung ke Danau Toba. Di balik keindahan danaunya, ternyata ada cerita dogeng di baliknya. Ya, cerita danau Toba dimulai dari suatu lembah di Sumatra Utara dengan aktor utama si petani pekerja keras dan putri ikan ajaib.

Berdasarkan cerita sejarah dari ahli ilmu Geologi bahwa kawah dari danau Toba terbentuk karena terjadi letusan gunung berapi jenis super vulkanik yang terjadi sekitar berpuluh ribu tahun silam. Bahkan letusan tersebut tergolong sangat dahsyat apabila dibandingkan dengan letusan gunung berapi lainnya, dipercaya bahwa ledakan tersebut mencapai ribuan kali letusan. Dampak yang ditimbulkan dari letusan ini berpengaruh dengan iklim di seluruh dunia kala itu.

Cerita legenda danau Toba kini sudah tersebar dan diketahui oleh orang di seluruh Indonesia. Kini danau Toba menjadi objek wisata yang sangat populer di Indoneisa. Ini merupakan danau indan nan luas, dengan pemandangan yang eksotis. Terdapat pulau Samosir di tengah danau Toba.

Ada beberapa waktu yang paling tepat untuk mengunjungi danau Toba, namun semua itu kemabli dari tujuan wisatawan. Bila kamu ingin berlibur ke danau Toba untuk menikmati festival dan sebagainya, kamu bisa berkunjung ke sini pada bulan September hingga November. Maka kamu akan mendapatkan momen yang sangat berkesan.

Siantar Touring Club Jelajah Danu Toba di Huta Ginjang
Tetapi bila kamu hanya ingin menikmati keindahan alam danau Toba saja, kamu bisa saja datang pada bulan Mei hingga September. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati indahnya alam wisata danau Toba, karena di bulan ini cuaca sedang masuk musim kemarau sehingga kamu dapat menikmati keindahan alam tanpa terganggu oleh turunnya hujan.

Lokasi danau terbesar di Indonesia ini berada di tujuh kabupaten yang mengelilingi kawasan wisata danau Toba yakni kabupaten Tobasa, kabupaten Samosir, kabupaten Semalungun, kabupaten Dairi, kabupaten Tapanuli Utara, kabupaten Karo, dan kabupaten Humbang Hasundutan.

Gunung Pusuk Buhit

Di sekitaran danau Toba, kamu bisa mengunjungi Pusuk Buhit. Ini merupakan salah satu tempat wisata di Samosir yang wajib dikunjungi. Berada di pulau Samosir, yang berada di kaldera gunung berapi super Toba. Pusuk Buhit merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Memiliki tinggi sekitar 1980 meter di atas permukaan laut.


Wisatawan menikmati alam di Gunung Pusuk Buhit.
Gunung ini dikelilingi oleh beberapa desa seperti Sianjur Mula-mula, Samosir, dan Pangururan. Kini Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena terkenal dengan cerita urbannya. Menurut mitos, Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Suku Batak atau asal mula suku Batak. Penduduk setempat percaya bahwa Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Raja Batak.

Di sini ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja kamu bisa mengunjungi Tower Tele yang merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan pemandangan keindahan danau Toba. Selain itu, ada tempat menarik lainnya di sekitarannya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan lain sebagainya.

Bukit Holbung

Wisata danau Toba berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah bukit Holbung. Di sini kamu bisa menikmati keindahan danau Toba. Ya, danau Toba bisa dinikmati keindahan dari berbagai sisi di tujuh kabupaten Sumatera Utara. Salah satu sisi yang bisa dijadikan untuk menikmati keindahan danau Toba ini ini adalah bukit Holbung yang terletak di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Bukit ini dikenal dengan nama Bukit Teletubbies versi Sumatra Utara. Biasanya wisatawan berkunjung ke sini untuk trekking. Untuk menempuh wisata danau Toba yang satu ini, kamu memerlukan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Tak perlu khawatir, karena sudah ada jalan setapak yang bisa kamu lewati sehingga mempermudah perjalanan.

Pantai Paropo

Wisata danau Toba lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah pantai Paropo. Paropo merupakan salah satu desa yang memiliki keindahan alam berada di kecamatan Silahi Sabungan kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Pantai ini cocok buat kamu yang suka berpetualang. Pasalnya di sini kamu bisa mendirikan tenda alias berkemah. Selain itu, di sini kamu juga bisa memancing.

Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat merupakan sebuat tempat wisata danau Toba yang menyediakan pemandian air panas yang terdapat di lereng Gunung Pusuk Buhit. Aek Rangat ini letaknya di Pangururan, yang merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Pulau Samosir yang beriklim sejuk. Jadi, apabila kamu sedang berada di sekitar daerah ini, kamu akan merasakan suasana sejuk dan bentang alam yang masih sangat alami.

Di sini kamu akan disajikan dengan pemandangan air pemandian yang putih keabu-abuan. Warna airnya yang menarik, membuat beberapa wisatwan berdecak kagum dan turut mengabadikan momen. Selain menikmati pemandian air panas, kamu juga bisa meilihat eksotika kawasan perkampungan etnis Batak yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Bila kamu tak menyukai wisata perbukitan atau sarana air, kamu bisa mengunjungi kebun bunga Sapo Juma Tongging. Sebenarnya Sapo Jumo ini merupakan sebuah penginapan yang ada di pinggir danau Toba. Namun beberapa belakangan ini, tempat wisata danau Toba ini ramai dikunjungi oleh wisatwan karena memiliki bunga-bunga yang cantik. Maka tak heran, banyak wisatwan yang berkunjung ke sini untuk mengabadikan keindahan bunga-bunga dengan berswafoto.

Untuk menikmati keindahan bunga-bunga yang ada di sini, kamu bisa menyusurinya hingga ke tengah karena sudah tersedia jalan setapak yang bisa dilewati. Jadi kamu bisa menikmati bunga-bunga yang cantik ini dari dekat ataupun berswafoto tanpa merusak tanamannya.

sumber   :   lip6 



No comments

Powered by Blogger.