Di Samosir, Pomparan SITUMORANG akan Bangun Taman Budaya Batak

SAMOSIR, Kemeriahan syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang kian terasa di Huta Urat Pulau Samosir.

Sebelum melaksanakan acara puncak syukuran Revitalisasi pomparan Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) melaksanakan bakti sosial dengan membagikan kacamata gratis.

Demikian juga kegiatan pegelaran seni dan Budaya Situmorang Sipitu Ama (Drama ompu Tuan Situmorang) pada Jumat (13/9/2019), membuat yang hadir terkesima atas pertunjukan yang membuktikan sejarah ompu Tuan Situmorang menyatakan kesatuan dari anak-anaknya, seperti yang telah di Tonahon (dipesankan) kepada keturunanya.


Edwin Situmorang (Pegang Tongkat) bersama Pengurus PSSA kota Pematangsiantar. dan Tugu Situmorang.
Suksesnya membangun Tugu Ompu Tuan Situmorang yang berbiaya lebih kurang Rp.4 Miliar, membuat pomparan kembali bersemangat, dan akan dilaksanakan pembangunan revitalisasi tahap kedua untuk membangun Taman Budaya Situmorang.

"Kita harapkan Revitalisasi tahap kedua segera terwujud dalam waktu dekat, yaitu membangun Taman Budaya Situmorang Sipituama dibibir pantai danau Toba, yang tidak jauh dari Tugu ini,"ungkap Edwin P. Situmorang, SH, MH ketua panitia  Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang, Sabtu (14/9/2019).

Para Tokoh adat Situmorang Sipitu Ama di Huta Urat kabupaten Samosir.
Adapun fasiltas Taman budaya Situmorang nantinya berupa pendukung obyek wisaya di Danau Toba yang berada dibibir Pantai diantaranya ; Panggung terbuka, panggung tertutup, permainan anak, wisata air, restauran, yang membutuhkan lahan sampai 2 hektar.

"Kami harapkan dukungan pemerintah pusat, daerah maupun kabupaten samosir, dukung kami yah bapak bupati, dan bapak wakil bupati,"jelas Edwin Situmorang yang dihadiri Bupati Samosir rapidin Simbolon dan wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, serta puluhan ribu pompran Situmorang Sipituama se-Indonesia.

Keturunan Ompu Tuan Situmorang dari berbagai daerah hadir dalam acara puncak Syukuran Revitalisasi Tugu.
Acara syukuran ditutup dengan doa (kebaktian) Minggu (15/9/2019) dan acara makan bersama "Sipitudai".

"Syukurlah saya ikut syukuran Tugu Situmorang ini, dan makan Sipitudai. Baru pertama kali ini saya makan Sipitudai, rasanya enak sekali, lebih enak dari sate padang,"ujar Barita Situmorang ketua Naposo Sipituama kota Medan, bahwa makanan Sipitudai adalah makan khas batak yang dilaksanakan sebagai ucapan syukur terlaksananya acara adat.


Laporan_laban

No comments

Powered by Blogger.