100 Pustakawan Siantar Dibimbing Pustawan Nasional dan Propinsi Sumut

SIANTAR, Untuk meningkatkan layanan perpustakaan di Sekolah, Taman Bacaan Masyarakat dan perpustakaan rumah ibadah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar menlaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Perpustakaan di Ruang Serbaguna kantor Bappeda Jalan Merdeka kota Pematangsiantar pada 7-9 Oktober 2019.

100 Pustakawan Siantar Dibimbing Pustawan Nasional dan Propinsi Sumut

Tanya jawap peserta dengan narasumber Franki Sihombing dari Perpustakaan nasional Bimtek pengelolaan Perpustakaan

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah yang diwakili Staf ahli bidang pembangunan Drs Daniel Siregar mengatakan, agar para peserta yang mengikuti pelatihan dapat memamfaatkan waktu yang cukup stategis bagaimana meningkatkan pelayanan perpustakaan.

"Saya harapkan para peserta memamfaatkan waktu selama tiga hari ini, bimbingan teknis ini cukup srategis bagaimana nantinya pelayanan diperpustakaan baik disekolah, taman bacaan masyarakat dan rumah ibadah layanannya dapat lebih baik lagi. Apalagi yang membimbing adalah para pustakawan tingkat nasional dan propinsi Sumatera Utara. Selamat mengikuti bimtek,"kata Daniel Siregar sekaligus membuka bimtek itu.


Dra. Neslianita Sinaga Kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar dalam laporannya mengatakan, Bimtek pengelolaan Perpustakaan dilaksanakan dalam rangka mengembangkan dan penguatan pengelola perpustakaan ditingkat sekolah, taman bacaan, dan rumah ibadah tahun anggaran 2019.

"Bimtek ini kami laksanakan dalam rangka peningkatan pengelolaan pustawan baik disekolah, rumah ibadah dan taman bacaan masyarakat. Semoga melalui Bimtek ini para pustawan ditempatnya bekerja lebih baik lagi mengelola perpustakaan sehingga pengunjung perpustakaan dapat lebih meningkat lagi."ujar Neslianita Sinaga.

100 Pustakawan Siantar Dibimbing Pustawan Nasional dan Propinsi Sumut

Kepada lintaspublik.com, Herbert Aruan Spd. MH Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar dan Turbunia Marpaung Kasi Pengembangan tenaga perpustakaan mengatakan, akan terus berupaya meningkatkan sumber daya pengelola perpustakaan.

"Untuk mengelola perpustakaan dan mengembangkan perpustakaan baik, dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar mengundang dua nara sumber, yang pertama dari Pustawan tingkat nasional dan pustawakan tingkat propinsi Sumatera Utara,"uajrnya Herbet Aruan.


"Untuk pustawan tingkat Nasional bapak Franki Sihombing dengan materi Pengelolaan Perpustakaan dan pustawan propinsi Sumut bapak Suriadi akan memberi materi tantang Layanan Jasa dan Sumber Informasi di perpustakaan,"jelas Herbert Aruan.

Pantauan media ini, hari pertama terlihat peserta sangat antusias tanya jawab kepada nara sumber dari Perpustakaan Nasional bagaimana cara pengelolaan perpustakaan yang baik disekolah, taman bacaan dan rumah ibadah dengan moderator DR (Hc) Hendrik Sihombing M.Si.

Narasumber Franki Sihombing juga dengan sabar membimbing mulai bagaimana mengelola perpustakaan, pengunjung, minat baca, sampai jumlah kunjungan anggota perpustakaan dan berapa saja minat anak sekolah meminjam buku setiap minggunya.

Peserta serius mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Perpustakaan
Salah seorang Peserta FG boru Situmorang dari Pustawan tingkat Sekolah dasar (SD) mengatakan, berterimakasih kepada dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar yang menyelengarakan Bimtek pengelolaan perpustakaan.

"Terimaksihlah untuk perpustakaan Siantar, dengan adanya bimbingan teknis ini kita dapat menambah ilmu mengelola perpustakaan, semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut, jadi pengelolaan perpustakaan disekolah akan lebih baik lagi,"kata Boru Situmorang yang baru pertama mengikuti Bimtek pengelolaan Perpustakaan.

Laporan_laban

No comments

Powered by Blogger.