Serunya Menikmati Keindahan Danau Toba dari Hutaginjang

TARUTUNG - Salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara adalah Geo Site Hutaginjang yang terletak di Desa Hutaginjang, Kecamatan Muara. Karena tempat ini kerap menjadi tujuan wisata para pelancong domestik dari Jakarta, Medan, Rantau Parapat dan Aceh jika mengunjungi Tapanuli Utara.

Hutaginjang adalah dataran tinggi yang terbentuk dari debu vulkanik muda yang terjadi 74.000 tahun yang lalu.



Rombongan Familiarization Trip Media Digital Nasional ke Destinasi Super Prioritas mendapat kesempatan mengunjungi Hutaginjang awal Desember ini.

Tempat ini dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara hanya ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan moda transportasi kendaraan pribadi maupun bus Damri yang melintas di kawasan ini.

Dari tempat yang memiliki ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut ini kita dapat merasakan sensasi segarnya udara pegunungan sambil menikmati pemandangan keindahan Danau Toba.

Bahkan kita bisa melihat tempat-tempat wisata di sekitar Danau Toba dari kejauhan lewat teropong milik Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara yang dipasang di atas Hutaginjang.

"Tempat-tempat yang bisa dilihat lewat teropong ini diantaranya Tugu Aritonang di Desa Aritonang, Kecamatan Muara Kabupaten Taput; Hotel Tiarabunga di Desa Tiarabunga Kecamatan Tappahan, Kabupaten Tobasa; Air Terjun Situmurun di Desa Situmurun Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir; dan Batu Guru di Samosir," kata pengelola Hutaginjang, Tahi Aritonang , Selasa 3 Desember 2019.

Setelah puas menikmati pemandangan Danau Toba, bagi penikmat kopi juga dapat merasakan nikmatnya Kopi Siborong Borong ditambah Ombus Ombus yang merupakan penganan tepung yang dicampur gula putih atau gula merah di kedai yang disediakan pengelola. Ombus-ombus ini juga merupakan makanan khas Siborong Borong.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menyatakan, Hutaginjang adalah salah satu destinasi wisata alam yang akan dikembangkan untuk mensupport pengembangan Danau Toba menjadi Destinasi Super Prioritas.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara saat ini selain mengembangkan wisata alam juga tengah mengiatkan agrowisata dan wisata rohani.

"Mengapa agrowisata karena di Tapanuli Utara masih banyak hutan kita yang perawan. Ya konsepnya kita mau Tapanuli Utara ada wisata agrowisata, ada wisata alam dan wisata rohani," tandasnya.



sumber   : sind 

No comments

Powered by Blogger.