Ayo Kunjungi Pantai Kerikil "Siporoporo", Pantai Keluarga dan Terapi Kesehatan

SIMALUNGUN, Keindahan pantai di Danau Toba banyak warnanya, ada pantai Pasir, ada juga pantai berikil yang cukup bersih, dan bahkan bisa menjadi tempat trafi kesehatan.

Pantai Kerikil yang bersih itu berada di Pantai Siporoporo desa Salbe Nagori Nagori Togu Domu Nauli kecamatan Dolok Pardamean, kabupaten Simalungun.



James Turnip tokoh masyarakat Salbe yang tinggal tidak jauh dari Pantai Kerikil Siporoporo mengatakan, Pantai Siporoporo tidak kalah indahnya dari Pantai lainnya disekitaran Danau Toba.


"Pantai ini unik, Berkerikil, dan airnya bersih. Banyak rombongan keluarga yang datang menikmati pantai ini,"kata James Turnip, bahwa asal mula pantai Siporoporo adalah karena kerikil berkumpul dipantai, arti Siporoporo bahwa Air danau memeras Pantai dengan itu mengumlpulnya kerikil-kerikil di Pantai.

"Poro itu diperas, artinya kerikil dihamparan pantai ini akibat perasan ombak Danau Toba, dan bisa juga kerikil-kerikil ini jadi terafi kesehatan alami,"jelasnya.

Jalan Rusak

Menuju tempat wisata Pantai Kerikil Siporoporo, terlihat banyak jalanan becek dan rusak (berlobang), Pariaman Sinaga pengelola Siporoporo mengharapkan bantuan pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memperbaiki fasilitas jalan yang rusak parah.

"Kami harapkan untuk melayani tamu maupun wisatawan datang ke Pantai Kerikil Siporoporo ini pemerintah mau memperbaiki jalan, demikian juga fasilitas-fasilitas pendukung lainnya,"ujar Pariaman Sinaga mengharapkan Badan Otorita Danau Toba mau datang meninjau lokasi Pantai Kerikil Siporoporo agar nantinya fasilitas seputar wisata Pantai di Salbe dapat dibangun fasilitas pendukung.

"Kalau boleh dibangunlah fasilitas pendukung, kamar mandi, ruang santai maupun gapura pintu masuk pantai ini,"harapnya.


Pengunjung bermain Solu (kapal tradisional batak) di pantai Kerikil Siporoporo.
Pantauan media lintaspublik.com Pantai Kerikil Siporoporo cukup luas, dan air Danau Toba ditempat ini cukup bersih. Tamak kerikilnya cukup bersih sangat cocok tempat bermain anak-anak dan keluarga, kedalaman pantai juga terjangkau anak-anak (sangat dangkal).

Anda ingin ke Pantai Siporoporo, anda dapat mencarinya dari google map huta Salbe, atau tidak jauh dari Pantai Tigaras (Simpang Salbe), selamat menikmati pantai Kerikil Siporoporo di Danau Toba.

Bila anda sudah menikmati Pantai Kerikil Siporoporo, anda juga dapat menikmati Gua Baba Liang dan Air terjun Binanga Bolon.



Penulis   : tagor
Editor     : tagor

No comments

Powered by Blogger.