Pesona Desa Tuktuk Siadong, 'Kampung Turis' di Semenanjung Kecil Danau Toba

Danau Toba memang menyimpan keindahan yang tidak ada habisnya. Danau ini menyimpan banyak pesona yang dapat dijelajahi, mulai dari Pulau Samosir hingga desa-desa wisata di sekitar danau yang menyimpan kebudayaan Suku Batak yang masih sangat terjaga.

Salah satu desa yang menyimpan keindahan di Danau Toba adalah Desa Tuktuk Siadong. Desa ini merupakan sebuah desa kecil yang terdapat di kawasan pesisir Pulau Samosir yang berbentuk seperti sebuah tanjung.

Desa Tuktuk Siandong ini sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Desa ini sering kali dijadikan tempat singgah untuk wisatawan yang ingin menjelajah Danau Toba lebih jauh lagi.


Dilansir dari traverse.id, di Desa Tuktuk Siadong terdapat puluhan penginapan dan rumah makan yang berderet di sisi jalan. Di sini, penginapan berupa hotel berbintang juga tersedia dan yang biasanya terletak persis di pinggir Danau Toba. Puluhan restoran yang menjajakan menu-menu khas Batak maupun modern juga mudah dijumpai di desa ini.

Wisatawan yang datang ke desa ini bisa menghabiskan waktu dengan berwisata bahari berkeliling Danau Toba sambil mencoba beragam olahraga air, seperti berenang, menyelam, berlayar, bermain kayak, memancing, dan lainnya.

Dilansir dari pariwisatasumut.net, sejak 1990, desa wisata ini sering dijuluki sebagai 'kampung turis'. Pasalnya, desa ini sering kali menjadi tujuan banyak wisatawan mancanegara saat ingin menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Bahkan, saat musim semi dan salju sedang terjadi di Eropa, banyak turis yang memilih menjadikan desa ini sebagai tempat tinggal untuk sementara waktu.


Hal ini karena di Desa Tuktuk Siadong wisatawan bisa menemukan transportasi dengan mudah. Bahkan, wisatawan bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menyewakan kendaraan seperti motor.

Dilansir dari tobatabo, Desa Tuktuk Siadong yang terkenal akan keindahan suasana alamnya yang asri dan tenang, juga mempunyai sebuah pantai berpasir putih. Bagi wisatawan yang baru pertama kali mendengarnya pasti merasa aneh karena desa ini terletak di sekitar Danau Toba.

Perairan di pantai ini tentu saja berasal dari Danau Toba. Wisatawan akan merasakan suasana pantai yang berhawa sejuk dengan kombinasi perbukitan dari Danau Toba yang menjulang dengan indahnya.

Hiking di Perbukitan Desa

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan hiking, bisa juga menjelajahi perbukitan yang terdapat di desa ini.

Perbukitan di desa ini didominasi oleh vegetasi tumbuhan dataran tinggi, sehingga wisatawan pun dapat mempelajari berbagai jenis tumbuhan tersebut sembari berolahraga dan menikmati hawa sejuk pegunungan.

sumber  : merd 

No comments

Powered by Blogger.