Danau Toba dan Berastagi Lokasi Pariwisata Favorit di Sumut

LINTAS DANAU TOBA, Lokasi pariwisata Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Samosir dan pariwisata di Berastagi Kabupaten Tanah Karo dan pantai di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), menjadi lokasi favorit masyarakat untuk dikunjungi.

Pelaku pariwisata di Parapat, Kabupaten Simalungun, Hendri Saragih mengatakan, kunjungan wisatawan yang berwisata ke Danau Toba selama akhir pekan, sudah mencapai ribuan orang. Pelaku wisata menyebar ke sejumlah lokasi wisata.

"Setiap menjelang akhir pekan, banyak wisatawan yang datang dari Kota Medan, Deli Serdang, Binjai, Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar maupun dari luar Sumut, yang datang berwisata ke Danau Toba," ujar Hendri Saragih, Minggu (30/8/2020).


Danau Toba terlihat dari Samosir / dok. danautobacenter.com
Hendri mengatakan, wisatawan yang datang itu bahkan memanfaatkan perjalanan wisatanya dengan bermalam di lokasi pariwisata tersebut. Setelah mengunjungi Danau Toba di Simalungun, wisatawan menyeberang Danau Toba menaiki kapal Feri tujuan Kabupaten Samosir.

Hal senada juga disampaikan Josua Sembiring, salah satu pemandu wisata di Berastagi, Kabupaten Tanah Karo. Setelah sepekan lebih Gunung Sinabung tidak beraktivitas, kunjungan wisatawan ke daerah wisata ini kembali meningkat.

"Lebih dari 3.000 orang wisatawan yang datangnya dari Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat maupun dari daerah lainnya, yang datang berwisata ke daerah ini. Ada juga wisatawan yang sengaja datang untuk melihat aktivitas Sinabung," kata Josua.

Menurutnya, kunjungan wisatawan di daerah ini juga menerapkan protokol kesehatan. Wisatawan yang datang menggunakan masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Di lokasi wisata itu, juga disediakan sarana mencuci tangan.

Lamhot Samosir (36), salah seorang pedagang suvenir di lokasi pariwisata pantai di Kabupaten Serdang Bedagai, menyampaikan, kunjungan wisatawan melonjak tajam di lokasi pariwisata tersebut.

"Dengan banyaknya wisatawan yang datang menjadi angin segar buat kami yang berdagang di pantai ini. Tidak sedikit di antara wisatawan yang membeli suvenir untuk dijadikan kenang - kenangan," sebutnya.



sumber  : BS

No comments

Powered by Blogger.