24 Jam Siap Siaga, Kapolres Siantar Apresiasi Damkar PT. STTC

SIANTAR, Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, mengapresiasi mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik PT. STTC yang pengoperasiannya memakai sistem digital atau komputerisasi. 

 Hal itu diungkapkan Kapolres, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar saat menggelar apel gabungan dalam kesiapan penanggulangan bencana, di Lapangan H Adam Malik Siantar, pada Selasa (10/11/2020). 

Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar didampingi Elie Silalahi dari PT.STTC menjelaskan
kepada wartawan Kesiapsiagaan Penangulangan bencana di Siantar
 
"Terimaksih untuk pimpinan PT. STTC yang turut siap siaga dalam penanggulangan bencana di kota Siantar. Inilah yang kita harapkan, pihak Swasta juga berperan dalam penangulangan bencana, bersama Pemerintah, TNI, Polri, "kata AKBP Boy Sutan Binanga Siregar yang langsung melihat dan mengoperasikan panel Damkar PT. STTC, di dampingi Wagito, Bagian Operasi Damkar PT. STTC yang menyemprotkan air damkar otomatis (tanpa tenaga manusia), di lapangan H. Adam Malik. 

Saat memimpin apel, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, juga menyampaikan amanat Wali Kota Siantar yaitu tentang perubahan paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsive ke preventif.

 “Seluruh elemen masyarakat perlu berperan aktif menjaga keseimbangan alam dengan memperhatikan aspek kelestariannya, serta mempunyai perilaku yang aman bencana (safety culture), maka terjadi perubahan paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsive ke preventif,"kata Kapolres.

Dan hal itu mengacu kepada UU No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, pada tanggal 26 April 2007, ujarnya. 

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar di dampingi Elie Silalahi dari PT. STTC saat meberikan keterangan kepada wartawan. 

Pada kesempatan itu, Kapolres juga berharap kepada pemerintah daerah, dan masyarakat untuk meningkatkan kesiap siagaan terhadap kemungkinan cuaca ekstrim. 

 “Di masa pandemi Covid-19 ini, kami harapkan seluruh warga Siantar tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, dan siaga bencana, apalagi cuaca belakangan ini tergolong ekstrim,”tegas Kapolres. 

Elie Silalahi, di dampingi Herman Tandean selaku Kordinator Damkar PT. STTC mengatakan, PT. STTC tetap bekerjasama dengan Pemko Siantar, TNI, Polri dalam penangulangan bencana di Siantar maupun Kabupaten Simalungun. 

 "Pimpinan PT. STTC, Bapak Edwin Bingei Purba Siboro, selalu mengintruksikan kepada kami (Petugas Damkar) agar tetap berkordinasi dalam penangulangan bencana, di Kota Siantar maupun Kabupaten Simalungun, khususnya dalam menanggulangi masalah kebakaran. 

Damkar PT. STTC siap siaga 24 jam dalam penangulangan bencana,"kata Elie Silalahi. 

Damkar PT.STTC juga turut dalam membersihkan jalan longsor (lumpur) di Parapat, waktu lalu yang membuat macet arus lalulintas jalur Siantar – Parapat, katanya. Pantauan media ini, apel gabungan kesiap siagaan penanggulangan bencana tersebut, dihadiri Forkopimda Siantar, PMI, Badan Pananggulangan Bencana, TNI, Damkar Siantar, Dinas Kesehatan, dan ratusan relawan kebencanaan yang ada di Siantar. 

 

Laporan_Manik

No comments

Powered by Blogger.