Feri Danau Toba Sudah Terapkan Pembayaran Nontunai

DANAU TOBA, Bank Sumut mulai memberikan pelayanan transaksi nontunai untuk pembayaran ongkos kapal penyeberangan di kawasan Danau Toba.Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan, dalam memberikan layanan tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) dan Kementerian Perhubungan. 

“Untuk pembayaran digital penyeberangan Tigaras-Simanindo ada dua tipe pembayaran yang kami layani, yaitu e-money dan e-wallet,” ujarnya, Rabu (23/12/2020). 

Pantai Larepa Beach di huta Repa Sipolha kabupaten Simalungun Danau Toba

 Dia menjelaskan, pada tahap awal layanan transaksi nontunai Bank Sumut masih pada penyeberangan Tigaras (Kabupaten Simalungun) – Simanindo (Kabupaten Samosir). 

Penumpang kapal feri yang melalui kedua pelabuhan tersebut sudah bisa menggunakan e-money dan juga e-wallet seperti OVO, Dana, GoPay dan LinkAja untuk pembayaran tiket penyeberangan.Kartu e-money Bank Sumut, Selain untuk mebayar tiket kapal feri, juga bisa digunakan sebagai kartu tol, parkir bandara dan berbelanja. 

“Kalau e-walletnya tinggal scan barcode yang ada di pelabuhan untuk melakukan pembayaran,” imbuh Hadi Sucipto. 

Menurut dia, penggunaan transaksi nontunai untuk pembayaran kapal penyeberangan memiliki dua manfaat utama, yakni mengurangi penggunaan uang tunai dan pemasukan dari penjualan tiket bisa lebih terpantau. 

Terpisah, Komisaris PPSU Hendra Suryadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya meningkatkan pelayanan kapal feri dan salah satu Langkah yang dilakukan adalah menerapkan pembayaran digital atau nontunai. 

PPSU sendiri mengelola dua kapal penyeberangan yang melayani Tigaras-Simanindo, yakni KMP Sumut I dan II. KMP Sumut II saat ini masih menjalani proses pemeliharaan.Namun kegiatan pemeliharaan KMP Sumut II sudah mencapai 97% sehingga sudah dapat dioperasikan dalam suasana libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. 

Biasanya dalam suasana Nataru pelabuhan Tigaras dan Simanindo mengalami peningkatan arus penumpang yang signifikan, sehingga kali ini dimanfaatkan untuk memulai menerapkan transaksi nontunai pembayaran kapal feri.

 

sumber   : MI 

No comments

Powered by Blogger.