Kesia Sianturi, Mahir Mainkan Gondang Batak

LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Talenta muda batak, Kesia boru Sianturi sangat mahir memainkan gondang batak (taganing),

Hal ini terlihat saat acara adat Saurmatua meninggalnya R. Boru Simanjuntak atau opung Elisa Situmeang Boru di jalan Farel Pasaribu Gg Jambu Air,  Kamis (28/1/2021).

Saat diwawancarai lintaspublik.com Kesia Sianturi lahir dari rahim Boru Pakpahan ini mengakui, dirinya sudah lama menekuni musik gondang batak.

"Saya sudah lama menekuni Gondang Batak ini, sejak kelas empat SD. Sejak SD saya belajar di sanggar budaya batak milik Pdt. Sarbudin Panjaitan, yang punya alat-alat musik batak yang cukup lengkap,"kata Kesia boru Sianturi sambil sesekali memainkan stik gondang dihadapannya.

Ketika ditanya apa cita-citanya, Kesia Sianturi mengatakan ingin jadi pengusaha.

"Saya pengen jadi pengusaha,"ujarnya. Ketika kembali ditanya usaha apa yang akan ditekuni, Kesia menjawab usaha yang menjadi andalannya usaha perdagangan.

"Pengennya usaha dagang, tapi kalau nantinya ada usaha lainnya misalnya usaha seni dan budaya yah syukuri saja, atau ada usaha lainnya. Yang penting punya usaha sendiri,"jelas Kesia Sianturi yang masih menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Pematangsiantar.

Bukan hanya gondang batak, Kesia juga mahir mengunakan alat musik lainnya.

"Saya juga bisa main gitar, dan terus mengembangkan bakat musik budaya batak lainnya maupun musik modern,"ujar Kesia anak kesepuluh dari 10 bersaudara ini.

 KLIK LIHAT VIDEO SELENGKAPNYA BORU BATAK JAGO MAINKAN GONDANG, LIHAT VIDEONYA


Laporan_Leo


No comments

Powered by Blogger.